Monday, 29 October 2012

Sistem Informasi Manajemen Soal Bab I

. Monday, 29 October 2012 .


BAB I Mengelola Perusahaan Digital
Pertanyaan Pemahaman
1.    Mengapa dewasa ini sistem informasi menjadi bidang yang penting dalam dunia bisnis? Jelaskanlah empat tren dalam lingkungan bisnis global yang menyebabkan sistem informasi begitu penting.
Jawab:
Dewasa ini system informasi menjadi bidang yang penting dalam dunia bisnis karena kebanyakan organisasi memerlukan system informasi agar dapat bertahan hidup dan berhasil dengan baik. System informasi juga dapat membantu perusahaan memperluas jangkauan sampai kelokasi-lokasi yang jauh, memperoleh aliran kerja baru dan memungkinkan juga untuk bia mengubah cara berbisnis.
Empat tren dalam lingkungan bisnis global yang menyebabkan system informasi begitu penting:
§  Munculnya ekonomi global, saat ini, system informasi menawarkan komunikasi dan kekuatan analisis yang dibutuhkan perusahaan untuk melaksanakan perdagangan yang mengelola bisnis pada skala global.
§  Transformasi ekonomi industry, dalam ekonomi berbasis pengetahuan dan informasi, informasi dan pengetahuan adalah ramuan untuk menciptakan kesejahteraan.
§  Transformasi perusahaan-perusaan bisnis, telah ada suatutransformasi dalam beragam kemungkinan untuk mengorganisasi dan mengelola perusahaan bisnis. Sebagian perusahaan sudah mulai mengambil keuntungan dari berbagai kemungkinan baru ini.
§  Lahirnya peruahaan digital, suatu perusahaan/organisasi yang hamper seluruh hubungan bisnis penting dari organisasi dengan pelanggan, para pemasok, dan karyawannya dimungkinkan dan dijembatani secara digital.
2.    Jelaskan kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh suatu perusahaan digital. Mengapa perusahaan digital bisa berdaya guna? Apa saja empat sistem prinsip yang mengarahkan pergerakan menuju ke arah perusahaan digital?
Jawab:
Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh suatu perusahaan digital
Perusahaan digital bisa berdaya guna karena daya rasa dan respons perusahaan digital terhadap lingkungannya jauh lebih cepat dilakukan dibandingkan perusahaan tradisional, sehingga secara fleksibel mampu bertahan dalam suasana yang bergolak.
Empat system yang mengarahkan pergerakan menuju kearah perusahaan digital:
§  System manajemen rantai persediaan, system informasi yang mengotomasi relasi antara perusahaan dengan pemasoknya untuk mengoptimalkan perencanaan, sourcing, pabrikasi, dan pengiriman barang atau jasa.
§  System manajemen hubungan pelanggan, system informasi untuk menciptakan pandangan yang koheren dan terpadu atas semua bentukrelasi dengan pelanggan yang dimiliki perusahaan.
§  System enterprise, system informasi perusahaan secara keseluruhaan yang terpadu yang mengkordinasi proses-proses kunci internal dari perusahaan, mengintegrasikan data dari pabrikasi dan distribusi, keuangan, dan sumber daya manusia.
§  System manajemen pengetahuan, system yang mendukung penciptaan, penyebaran, penyimpanan, dan penyebaran pengetahuan dan keahlian perusahaan.

3.    Apa yang dimaksud dengan sistem informasi? Jelaskan perbedaan antara komputer, program komputer, dan sistem informasi. Apa perbedaan antara data dan informasi?
Jawab:
System informasi adalah sebagai satuan komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan (mendapatkan kembali), memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan kendali dalam suatu organisasi.
Perbedaan antara computer, program computer, dan system informasi adalah komputer menyediakan peralatan untuk menyimpan dan memproses informasi, program komputer merupakan satuan instruksi operasi yang mengarahkan dan mengendalikan pemrosesan komputer, sedangkan sistem informasi adalah merupakan komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.
Perbedaan informasi dan data adalah informasi berarti data yang telah dibentuk kedalam suatu format yang mempuyai arti dan berguna bagi manusia. Sedangkan data merupakan sekumpulan baris fakta yang mewakili peristiwa yang terjadi pada organisasi/ lingkungan fisisk sebelum diolah kedalam suatu format yang dapat dipahami dan digunakan orang.

4.    Apa saja fungsi sistem informasi dari sudut pandang bisnis? Apa peran yang dimainkannyadalam rantai nilai bisnis informasi?
Jawab:
Fungsi system informasi dari sudut pandang bisnis :
§  Penjualan dan pemasaran
§  Pabrikasi dan produksi
§  Keuangan
§  Akutansi
§  Sumber daya manusia
Peran yang dimainkan dalam rantai nilai bisnis informasi adalah dari perspektif bisnis, system informasi menjadi bagian dari satu rangkaian aktivitas penambahan niali untuk memperoleh, mentransformasi, dan membagi-bagikan informasi yang digunakan manajer unuk meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan kinerja organisasi, dan akhirnya meningkatkan profitabilitas perusahaan.


5.    Jelaskan perbedaan antara pendekatan perilaku/behavioral dan pendekatan teknis terhadap sistem informasi. Disiplin-disiplin utama apa saja yang bisa memberi pemahaman atas sistem informasi?
Jawab:
Perbedaan antara pendekatan perilaku/behavioral dan pendekatan teknis terhadp sitem informasi adalah pendekatan perilaku merupakan bagian pentingn dari system informasi berkaitan dengan isu perilaku yang muncul dalam pengembangan pemeliharaan system informasi jangka panjang. Sedangkan pendekatan teknis untuk system informasi menekankan model berbasis matematika untuk mempelajari system informasi, seperti halnya teknologi fisisk dan kemampuan formal dari system ini.
Disiplin-disiplin utama yang bisa member pemahaman terhadap sistem informasi adalah dalam pendekatan perilaku disiplin yang digunakan seperti strategi pengintegrasian bisnis, desain, implementasi, pemanfaatan, menekankan konsep serta metoda penting. Sedangkan pendekatan teknis disiplin yang digunakan seperti ilmu pengetahuan computer, pengetahuan manajemen, dan proyek penelitian.

6.    Apakah Internet dan World Wide Web itu? Bagaimana mereka mengubah peran yang dimainkan oleh sistem informasi dalam organisasi? 
Jawab:
Internet adalah jaringan internasioal dari jaringan yang berisi kumpulan ribuan jaringan pribadi atau public. World wide web adalah system yang memiliki standar baku universal dan diakui mengenai penyimpanan, pengambilan, pemformatan, dan penampilan informasi dalam lingkungan jaringan.
Satu alasan menegapa system informasi memainkan peran yang besar dalam organisasi dan mempengaruhi banyak orang adalah daya kekuatan teknologi computer dan relative murahnya ongkos yang diperlukan untuk memperoleh teknologi tersebut.

7.    Gambarkan beberapa perubahan utama yang dibawa sistem informasi kepada organisasi.
Jawab:

8.    Apakah hubungan antara revolusi jaringan, perusahaan digital, e-commerce, dan e-business?
Jawab:
Hubungan antara revolusi jaringan perusahaa digital, e-commerce, dan e-business adalah internet dapat menghubungkan ribuan organisasi kedalam jaringan tunggal, menciptakan dasar bagi lokasi pasar digital secara luas. Pasar digital adalah suatu system informasi yang menghubungkan pembeli dan penjual untuk bertukar informasi, produk, layanan, dan system pembayaran. Keluasan internet untuk perukran transaksi antara para pembeli dn para penjual menyebabkan timbulnya e-commerce. Elektronik commerce, merupakan proses pembelian da penjualan jasa dan barang-barang secara elektronik dengan transaksi bisnis komputerisasi menggunakan internet, jaringan, dan teknologi digital lain. Penggunaan luas teknologi internet seperti inilahbersama dengan e-commerce, yang mengacu kearah perusahaan digital. Eloktronik business untuk menguraikan penggunaan internet dan teknologi digital untuk melaksanakan semua proses bisnis pada peruahaan. E-busines meliputi e-commerce dan juga proses manajemen internal perusahaan dan untuk koordinasi para pemasok dan mitra bisnis lain.
9.    Apa saja yang termasuk sistem interorganisasional? Mengapa semakin dirasa penting? Bagaimana internet dan teknologi Web mempengaruhi sistem tersebut?
10.     Apa yang dimaksudkan dengan arsitektur informasi dan infrastruktur teknologi informasi? Mengapa dua hal itu penting bagi para manajer?
Jawab:
Arsitektur  informasi merupakan format khusus yang digunakan teknlogi informasi dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan atau fungsi tertentu. Arsitektur teknologi informasi adalah desain dari system aplikasi bisnis pokok perusahaan dan cara khusus yang diterapkan oleh tiap organisasi.

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{http://www.atchokers.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Adrianto | o-om.com