Tuesday, 30 October 2012

Sistem Informasi Manajemen Bab IV

. Tuesday, 30 October 2012 .



BAB IV Perusahaan Digital E-Business dan E- Commerce

1.    Apa saja keuntungan dari menggunakan internet sebagai infrastruktur untuk e-commerce dan e-business?
Jawab:
Keuntungannya dari teknologi internet sangat mengurangi biaya dan berfungsi sebagai alternatif yang mudah digunakan untuk mengkoordinasi aktivitas. Manajer bisa menggunakan email dan komunikasi internet untuk mengirimkan sejumlah besar karyawan, mengelola banyak tugas, dalam proyek dan untuk mengkoordinasi kerja beberapa tim dalam bagian-bagian yang berbeda diseluruh dunia.
2.    Bagaimana internet mengubah ekonomi informasi dan model bisnis?
Jawab:
Teknologi internet memberikan infrastruktur untuk menjalankan keseluruhan bisnis karena teknologi dan standar teknologinya bisa juga digunakan untuk melancarkan informasi dari satu bagian ornganisasi ke organisasi lainnya. Teknologi internet sangat mengurangi biaya dan berfungsi sebagai alternatif yang mudah digunakan untuk mengkoordinasi aktivitas. Manajer bisa menggunakan email dan komunikasi inernet lain untuk mengirimkan sejumlah besar karyawan, mengelola banyak tugas data proyek- proyek dan untuk mengkoordinasi kerja beberapa tim dalam bagian- bagian yang berbeda di seluruh dunia.

3.    Sebutkan dan jelaskan enam model bisnis internet e-commerce? Jelaskan perbedaan antara model bisnis internet pure-playdan model bisnis click and mortar?
Jawab :
6 model bisnis internet e-commerce
·      Pialang informasi yaitu menyediakan produk harga, ketersediaan informasi kepada individual dan bisnis. Penghasilan diperoleh dari periklanan atau mengarahkan pembeli kepada penjual.
·      Pialang transansaksi yaitu menghemat uang dan waktu pengguna dengan memproses transaksi penjualan secara online, membuat biaya setiap kali muncul transaksi. Juga menyaediakan informasi mengenai istilah – istilah dan daftar harga.
·      Pasar online yaitu memberikan suatu lingkungan digital dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, memajang produk dan menetapkan harga untuk produk. Dapat memberikan lelang online atau lelang balik dimana pembeli mengajukan penawaran kepada banyak penjual untuk membeli pada harga yang ditetapkan oleh pembeli harga negosiasi atau harga tetap.
·      Content provider yaitu mencipatakan pendapatan dengan memberikan isi digital, seperti berita digital, musik, foto atau video pada web. Pembayar membayar sejumlah uang untuk dapat mengaksesnya atau pendapatan dapat dihasilkan dengan menjual ruang iklan.
·      Penyedia jasa online yaitu menyediakan jasa online untuk individu dan bisnis. Menghasilkan pendapatan dari pembayaran subkripsi atau transaksi dari iklan, atau dengan mengumpulkan informasi pemasaran dari para pengguna
·      Komunitas virtual yaitu menyediakan tempat pertemuan online dimana orang- orang dengan minat yang sama dapt berkomunikasi dan menemukan informasi yang berguna.
·      Portal yaitu menyediakan poin entri awal keb bersama dengan isi spesifik dan layanan lain.
Perbedaan antara model bisnis internet pure-play dan model bisnis click and mortar adalah antara model bisnis internet pure-play merupakan model bisnis yang benar- benar didasarkan pada internet sedangkan model bisnis click and mortar merupakan model bisnis yang menggunakan juga web sebagai perpanjangan bisnis tradisional dengan bangunan gedungnya.

4.    Sebutkan dan jelaskan beragam kategori e-commerce?
Jawab:
·      Business to consumer e-commerce (B2C) yaitu penjualan produk dan jasa secara elektronik secara langsung kepada konsumen individu.
·      Business to business e-commerce (B2B) yaitu penjualan barang dan jasa secara elektronik antar bisnis
·      Cunsumer to consumer e-commerce (C2C) yaitu penjualan barang dan jasa secara elektronik antar konsumen.

5.    Bagaimana internet memfasilitasi penjualan dan pemasaran kepada pelanggan individual? Jelaskan fungsi personalisasi web?
Jawab:
Dengan adanya internet komunikasi dan penawaran produk bisa diarahkan dengan lebih akurat kepada pelanggan individual. Perusahaan bisa menciptakan halaman web yang unik yang bisa menampilkan isi dan iklan produk atau jasa mengenai minat tertentu kepada masing-masing pengguna, menambah pengalaman pelanggan dan memberi nilai tambah. Personalisasi web berfungsi untuk memodifikasi halaman-halaman web yang ditampilkan ke semua pelanggan, para pemasok bisa menerima keuntungan dengan menggunakan teknologi ini karena hanya mengeluarkan sedikit biaya. Fungsi persoanalisasi web yaitu perusahaan bisa menciptakan halaman- halaman web yang menampilkan content atau iklan untuk produk dan jasa khusus yang sesuai dengan minat pengguna sehingga lebih menarik pengunjung dan lebih menciptakan nilai tambah.

6.    Bagaimana internet bisa memberikan layanan pelanggan?
Jawab:
Web dan teknologi jaringan memberi inspirasi pendekatan- pendekatan layanan baru dan dukungan pelanggan. Banyak perusahaan menggunakan web site dan e-mail untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan memberi informasi kepada pelanggan. Web menjadi medium interaksi pelanggan dengan perusahaan demi kenyaman pelanggan dan pencarian informasi. Layanan mandiri otomatis atau respon berbasis web bisa menghemat banyak pengeluaran.

7.    Bagaimana teknologi internet mendukung e-commerce business to business?
Jawab:
Selama bertahun- tahun perusahaan menggunakan sistem hak kepemilikan untuk business to business e-commerce (B2B) sekarang mereka beralih ke Web dan teknologi internet. Dengan mengeliminasi proses tradisional manual bebasis kertas untuk mengalokasi pemasok, memesan barang- barang persediaan, atau mengantarkan barang dan dengan menyediakan lebih banyak peluang untuk menemukan barang atau jasa dengan harga rendah situs- situs business to business bisa menghemat partisipan dimanapun dari 5 sampai 45 persen. Untuk busuness to business e-commerce, perusahaan bisa melakukan penjualan ke bisnis lainya dengan menggunakan situs miliknya sendiri sebagai toko elektronik atau mereka bisa mengeksekusi transaksi pembelian dan penjualan melalui jaringan industri pribadi atau pasar Net.

8.    Apa yang dimaksudkan dengan pasar net? Mengapa mereka mempresentasi model bisnis penting untuk B2B e-commerce? Bagaimana perbedaannya dengan jaringan industri pribadi?
Jawab:
Pasar net adalah wilayah pasar tunggal yang didasarkan pada teknologi internet yang menghubungkan banyak pembeli kepada penjual. Pasar net menyediakan wilayah pasar digital berdasarkan teknologi internet untuk beragam pembeli dan penjual. Pasar net lebih berorientasi transi ketimbang jaringan industri pribadi. Partisipan dari pasar net bisa menetapkan harga melalui negosiasi online, tawar-menawar atau permintaan penawaran harga atau menggunakan harga yang sudah ditetapkan. Perbedaanya dengan jarinagan industri pribadi adalah jaringan ini brfokus pada koordinasi proses bisnis yang kontinu antar perusahaan untuk menjalankan perdagangan kolaboratif dan manajemen rantai persediaan. Jaringan ini dimiliki oleh pembeli dan hal ini memungkinkan perusahaan dan pemasok yang sudah ditentukan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya untuk memakai bersama desain dan pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan produksi dan lain- lain.

9.    Sebutkan dan jelaskan sistem pembayaran elektronik yang utama digunakan pada internet?
Jawab:
ü  Sistem pembayaran kartu kredit digital adalah layanan yang aman untuk pembayaran melalui karu kredit melalui internet yang bisa memproteksi informasi terkirim ke pengguna, situs penjual, dan bank pemroses.
ü  Dompet digital : Perangkat lunak yang menyimpan kartu kredit dan informasi lainnya untuk memfasilitasi pembayaran barang-barang melalui web.
ü  Sistem pembayaran akumulasi pembelian : Akumulasi pembelian micropayment sebagai debit tagihan yang harus dibayar secar periodik menggunakan kartu kredit / melalui tagihan telepon.
10.              Mengapa internet sangat berguna untuk e-business?
Jawab:
Internet sangat berguna bagi e-business karena internet menyediakan konektivitas instan, menyatukan semua komputer ke dalam jaringan tunggal yang lancar dan perusahaan dapat menghubungkan internetnya ke sistem transaksi internal perusahaan yang memungkinkan karyawan untuk melakukan pengoperasian tugas dan kerja dengan mudah.

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{http://www.atchokers.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Adrianto | o-om.com