BAB IV Perusahaan Digital E-Business dan E- Commerce
1.
Apa
saja keuntungan dari menggunakan internet sebagai infrastruktur untuk
e-commerce dan e-business?
Jawab:
Keuntungannya dari teknologi internet sangat mengurangi biaya dan
berfungsi sebagai alternatif yang mudah digunakan untuk mengkoordinasi
aktivitas. Manajer bisa menggunakan email dan komunikasi internet untuk
mengirimkan sejumlah besar karyawan, mengelola banyak tugas, dalam proyek dan
untuk mengkoordinasi kerja beberapa tim dalam bagian-bagian yang berbeda
diseluruh dunia.
2.
Bagaimana
internet mengubah ekonomi informasi dan model bisnis?
Jawab:
Teknologi
internet memberikan infrastruktur untuk menjalankan keseluruhan bisnis karena
teknologi dan standar teknologinya bisa juga digunakan untuk melancarkan
informasi dari satu bagian ornganisasi ke organisasi lainnya. Teknologi
internet sangat mengurangi biaya dan berfungsi sebagai alternatif yang mudah
digunakan untuk mengkoordinasi aktivitas. Manajer bisa menggunakan email dan
komunikasi inernet lain untuk mengirimkan sejumlah besar karyawan, mengelola
banyak tugas data proyek- proyek dan untuk mengkoordinasi kerja beberapa tim
dalam bagian- bagian yang berbeda di seluruh dunia.
3.
Sebutkan
dan jelaskan enam model bisnis internet e-commerce? Jelaskan perbedaan antara
model bisnis internet pure-playdan model bisnis click and mortar?
Jawab
:
6
model bisnis internet e-commerce
· Pialang informasi yaitu menyediakan produk harga, ketersediaan
informasi kepada individual dan bisnis. Penghasilan diperoleh dari periklanan
atau mengarahkan pembeli kepada penjual.
· Pialang transansaksi yaitu menghemat uang dan waktu pengguna dengan
memproses transaksi penjualan secara online, membuat biaya setiap kali muncul
transaksi. Juga menyaediakan informasi mengenai istilah – istilah dan daftar
harga.
· Pasar online yaitu memberikan suatu lingkungan digital dimana
pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, memajang produk dan
menetapkan harga untuk produk. Dapat memberikan lelang online atau lelang balik
dimana pembeli mengajukan penawaran kepada banyak penjual untuk membeli pada
harga yang ditetapkan oleh pembeli harga negosiasi atau harga tetap.
· Content provider yaitu mencipatakan pendapatan dengan memberikan
isi digital, seperti berita digital, musik, foto atau video pada web. Pembayar
membayar sejumlah uang untuk dapat mengaksesnya atau pendapatan dapat
dihasilkan dengan menjual ruang iklan.
· Penyedia jasa online yaitu menyediakan jasa online untuk individu
dan bisnis. Menghasilkan pendapatan dari pembayaran subkripsi atau transaksi
dari iklan, atau dengan mengumpulkan informasi pemasaran dari para pengguna
· Komunitas virtual yaitu menyediakan tempat pertemuan online dimana
orang- orang dengan minat yang sama dapt berkomunikasi dan menemukan informasi
yang berguna.
· Portal yaitu menyediakan poin entri awal keb bersama dengan isi
spesifik dan layanan lain.
Perbedaan
antara model bisnis internet pure-play dan model bisnis click and mortar adalah
antara model bisnis internet pure-play merupakan model bisnis yang benar- benar
didasarkan pada internet sedangkan model bisnis click and mortar merupakan
model bisnis yang menggunakan juga web sebagai perpanjangan bisnis tradisional
dengan bangunan gedungnya.
4.
Sebutkan
dan jelaskan beragam kategori e-commerce?
Jawab:
· Business to consumer e-commerce (B2C) yaitu penjualan produk dan
jasa secara elektronik secara langsung kepada konsumen individu.
· Business to business e-commerce (B2B) yaitu penjualan barang dan
jasa secara elektronik antar bisnis
· Cunsumer to consumer e-commerce (C2C) yaitu penjualan barang dan
jasa secara elektronik antar konsumen.
5.
Bagaimana
internet memfasilitasi penjualan dan pemasaran kepada pelanggan individual? Jelaskan fungsi personalisasi web?
Jawab:
Dengan
adanya internet komunikasi dan penawaran produk bisa diarahkan dengan lebih
akurat kepada pelanggan individual. Perusahaan bisa menciptakan halaman web
yang unik yang bisa menampilkan isi dan iklan produk atau jasa mengenai minat
tertentu kepada masing-masing pengguna, menambah pengalaman pelanggan dan memberi
nilai tambah. Personalisasi web berfungsi untuk memodifikasi halaman-halaman
web yang ditampilkan ke semua pelanggan, para pemasok bisa menerima keuntungan
dengan menggunakan teknologi ini karena hanya mengeluarkan sedikit biaya. Fungsi
persoanalisasi web yaitu perusahaan bisa menciptakan halaman- halaman web yang
menampilkan content atau iklan untuk produk dan jasa khusus yang sesuai dengan
minat pengguna sehingga lebih menarik pengunjung dan lebih menciptakan nilai
tambah.
6.
Bagaimana
internet bisa memberikan layanan pelanggan?
Jawab:
Web
dan teknologi jaringan memberi inspirasi pendekatan- pendekatan layanan baru
dan dukungan pelanggan. Banyak perusahaan menggunakan web site dan e-mail untuk
menjawab pertanyaan pelanggan dan memberi informasi kepada pelanggan. Web
menjadi medium interaksi pelanggan dengan perusahaan demi kenyaman pelanggan
dan pencarian informasi. Layanan mandiri otomatis atau respon berbasis web bisa
menghemat banyak pengeluaran.
7.
Bagaimana
teknologi internet mendukung e-commerce business to business?
Jawab:
Selama
bertahun- tahun perusahaan menggunakan sistem hak kepemilikan untuk business to
business e-commerce (B2B) sekarang mereka beralih ke Web dan teknologi
internet. Dengan mengeliminasi proses tradisional manual bebasis kertas untuk
mengalokasi pemasok, memesan barang- barang persediaan, atau mengantarkan
barang dan dengan menyediakan lebih banyak peluang untuk menemukan barang atau
jasa dengan harga rendah situs- situs business to business bisa menghemat
partisipan dimanapun dari 5 sampai 45 persen. Untuk busuness to business
e-commerce, perusahaan bisa melakukan penjualan ke bisnis lainya dengan
menggunakan situs miliknya sendiri sebagai toko elektronik atau mereka bisa
mengeksekusi transaksi pembelian dan penjualan melalui jaringan industri
pribadi atau pasar Net.
8.
Apa
yang dimaksudkan dengan pasar net? Mengapa mereka mempresentasi model bisnis penting
untuk B2B e-commerce? Bagaimana perbedaannya dengan jaringan industri pribadi?
Jawab:
Pasar
net adalah wilayah pasar tunggal yang didasarkan pada teknologi internet yang
menghubungkan banyak pembeli kepada penjual. Pasar net menyediakan wilayah pasar
digital berdasarkan teknologi internet untuk beragam pembeli dan penjual. Pasar
net lebih berorientasi transi ketimbang jaringan industri pribadi. Partisipan
dari pasar net bisa menetapkan harga melalui negosiasi online, tawar-menawar
atau permintaan penawaran harga atau menggunakan harga yang sudah ditetapkan.
Perbedaanya dengan jarinagan industri pribadi adalah jaringan ini brfokus pada
koordinasi proses bisnis yang kontinu antar perusahaan untuk menjalankan
perdagangan kolaboratif dan manajemen rantai persediaan. Jaringan ini dimiliki
oleh pembeli dan hal ini memungkinkan perusahaan dan pemasok yang sudah
ditentukan, pemasok, dan mitra bisnis lainnya untuk memakai bersama desain dan
pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan produksi dan lain- lain.
9.
Sebutkan
dan jelaskan sistem pembayaran elektronik yang utama digunakan pada internet?
Jawab:
ü Sistem pembayaran kartu kredit digital adalah layanan yang aman
untuk pembayaran melalui karu kredit melalui internet yang bisa memproteksi
informasi terkirim ke pengguna, situs penjual, dan bank pemroses.
ü Dompet digital : Perangkat lunak yang menyimpan kartu kredit dan
informasi lainnya untuk memfasilitasi pembayaran barang-barang melalui web.
ü Sistem pembayaran akumulasi pembelian : Akumulasi pembelian micropayment
sebagai debit tagihan yang harus dibayar secar periodik menggunakan kartu
kredit / melalui tagihan telepon.
10.
Mengapa
internet sangat berguna untuk e-business?
Jawab:
Internet sangat
berguna bagi e-business karena internet menyediakan konektivitas instan,
menyatukan semua komputer ke dalam jaringan tunggal yang lancar dan perusahaan
dapat menghubungkan internetnya ke sistem transaksi internal perusahaan yang
memungkinkan karyawan untuk melakukan pengoperasian tugas dan kerja dengan
mudah.
No comments:
Post a Comment