Tuesday, 30 October 2012

Sistem Informasi Manajemen Soal Bab III

. Tuesday, 30 October 2012 .


BAB III

1.      Bagaimana layanan teknologi informasi dibawah ke dalam organisasi? Gambarkan peran yang dimainkan oleh programmer, analisis sistem manajer sistem informasi, dan Chief Information Officer (CEO).
Jawab:
Layanan teknologi informasi dibawah ke dalam organisasi melalui keputusan–keputusan mengenai konfigurasi teknis dan organisasional dari sitem. Programer berperan sebagai ahli teknis yang terlatih yang membuat kode-kode instruksi perangkat lunak untuk komputer. Analisis sistem berperan sebagai petugas ahli yang menerjemahkan masalah-masalah bisnis dan persyaratannya menjadi prasyarat informasi dan sistem, bertindak sebaga penyusun link-link utama antar kelompok-kelompok lainnya dari organisasi. Manajemer sistem informasi berperan sebagai pemimpin dari beragam ahli pada departemen sistem informasi. Chief Information Officer (CIO) berperan sebagai manajer senior yang bertugas mengepalai sistem informasi di dalam perusahaan.

2.      Gambarkan teori-teori ekonomi utama yang bisa menjelaskan bagaimana sistem informasi mempengaruhi organisasi?
Jawab:
Teori –teori ekonomi utama yaitu teori biaya transaksi yaitu perusahaan dan individu selalu meminimalkan biaya transaksi begitu juga dengan biaya-biaya produksi, dengan adanya sistem informasi khususnya penggunaan jaringan, perusahaan dapat menekan biaya transaksi yang berhubungan dengan pemasok keluar. Teori kedua adalah teori agemsi dimana dampaknyayaitu dengan memperkecil biaya penggunaan dan analisis sistem inormasi memungkinkan organisasi menekan biaya agensi karena sistem informasi semakin mempermudah bagi manajer untuk mengatur pengawasan sejumlah besar karyawan.

3.      Bandingkan deskripsi perilaku manajerial dalam model klasik dan dalam model behavioral?
Jawab:
Perbandingan antara deskripsi perilaku manajerial model klasik dan model behavioral yaitu model klasik manajemen, memaparkan apa saja yang dikerjakan manejer, tak diragukan lagi diyakini selama lebih dari 70 tahun sejak 1920-an. Hendri fayol dan penulis-penulis jaman dulu mengemukakan fungsi klasik dari manejer yaitu perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengambilan keputusan dan kontrol. Penjelasan aktivitas manajemen mendomonasi pemikiran mengenai manajemen dalam jangka waktu yang lama dan sampai sekarangpun masih tetap populer. Sedangkan model behavioral menyatakan bahwa perilaku aktual manejer kurang sistematis, lebih informal, kurang relatif, lebih reaktif, kurang treorganisasi dengan baik, dan lebih tidak teratur lain dengan yang diindikasikan oleh model klasik.
4.      Apa peran khusus manajerial yang bisa didukung oleh sistem informasi. Pada bagian mana sistem informasi secaa kuat mendukung manajer, dan pada bagian mana sistem informasi lemah mendukung manajer?
Jawab:
Peran khusus manajerial yang bisa didukung oleh sistem informasi  yaitu
Sistem informasi mendukung manajer secara kuat pada bagian
Sistem informasi mendukung manajer secara lemah pada bagian
5.      Apa saja empat tingkat pengambilan keputusan menurut Simon?
Jawab:
Empat tingkat pengambilan keputusan menurut Simon :
·      Kecerdasan, terdiri dari pengidentifikasian dan pemahaman masalah-masalah yang muncul didalam organisasi mengenai mengapa masalah itu muncul, dimana, dan apa saja akibatnya.
·      Perancangan, selama melakukan perancangan atau desain solusi atas masalah individu merancang kemungkinan solusi atas masalah.
·      Pilihan, pilihan terdiri penetuan dari beragam solusi alternatif. Disini para pengambil keputusan memerlukan sistem SPK yang lebih kompleks untuk mengembangkan data ekstensif yang lebih banyak pada beragam alternatif dan model-model kompleks atau alat bantu analisis data untuk mengkalkulasi semua beban, konsekuensi dan peluang.
·      Implementasi, selama melakukan implementasi, ketika keputusan dijalankan, manejer dapat menggunakan sistem pelaporan yang bisa mengerjakan laporan-laporan rutin untuk kemajuan solusi tersebut.
6.      Apa dampak internet bagi organisasi dan proses manajemen ?
Jawab:
Dampak internet bagi organisasi dan proses manajemen adalah dengan adanya internet, organisasi mendistribusikan informasi dan pengetahuan untuk organisasi dan manajer. Internet juga dapat menekan biaya transaksi. Dengan adanya internet, bisnis juga dapat menjadikan teknologi ini sebagai komponen pokok infrastruktur teknologi informasi.
7.      Apa yang dimaksud dengan sistem informasi strategi ? Apa perbedaan antara sistem informasi strategi dan sistem level strategi?
Jawab:
Sistem informasi strategis adalah sistem komputer yang digunakan dilevel organisasi yang mengubah sasaran, pengoperasian, produk, jasa, atau relasi lingkungan untuk membantu organisasi meraih keunggulan kompetitif.
Perbedaan antara sistem informasi strategis dan sistem level-strategis yaitu sistem informasi strategi bisa digunakan semua level pada satu organisasi, dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih dalam ketimbang sistem lainnya sebagaimana yang sudah dijelaskan.  Sedangkan ssitem informasi level strategi untuk manajer senior dan fokus pada permasalahan pengambilan keputusan jangka panjang.
8.       Jelaskan model yang tepat untuk menganalisis strategi pada level bisnis, dan tipe-tioe strategi serta sistem informasi yang bisa digunakan untuk komptisi pada level ini ?
Jawab:

9.      Bagaimana model kekuatan kompetitif, kemitraan informasi dan perekonomian jaringan bisa digunakan untuk mengidentifikasi strategi pada level industri ?
Jawab:
 Model kekuatan kompetitif dimanfaatkan untuk mengindetifikasi strategi pada level industri dengan bekerja bersama perusahaan lainnya, partisipasi industri bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan standar buku industri dalam hal pertukaran informasi atau transaksi bisnis secara elektronik. Kemitraan informasi dimanfaatkan dengan saling bermitra bisa menggabungkan kekuatan dengan saling bernagi informasi tanpa secara fisik/nyata bergabung sehingga membantu perusahaan memperoleh akses untuk mendapatkan pelanggan baru, menciptakan peluang-peluang baru untuk penjualan dan penargetan produk perekonomian jaringan dimanfaatkan dengan menggunakan teknologi informasi dimana berpola-pola komunitas pengguna yang ingin berbagi pengalaman. Hal ini dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan kesenangan.
10.  Bagaimana rantai nilai dan model keuatan kompetitif berubah sebagai hasil dari lahirnya perusahaan digital?
Jawab:

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{http://www.atchokers.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Adrianto | o-om.com