Wednesday, 17 April 2013

MENGELOLA ASET PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK

. Wednesday, 17 April 2013 .

MENGELOLA ASET PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK

A. Perangkat Keras Komputer Dan Infrastruktur Teknologi Informasi

Perangkat keras memberikan fondasi fisik dasar untuk infrastruktur TI perusahaan. Komponen-komponen infrastruktur lainnya seperti software, data, dan jaringan memerlukan hardware komputer untuk bisa beroperasi.
Sistem komputer
Komputer merupakan perangkat fisik yang mengambil data sebagai input, mentransformasik data tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan, menghasilkan output informasi yang sudah diproses.
Komponen hardware dapat dikelompokkan menjadi 6 komponen utama:
a. CPU (central prosessing unit) sebagai pengolah data dan pengendali bagian-bagian dari sistem komputer
b. penyimpanan primer / primary storage yang secara temporer memnyimpan data dan instruksi program selama pemrosesan.
c. penyimpanan sekunder / secondary storage untuk menyimpan data dan instruksi sewaktu tidak digunakan dalam pemrosesan.
d. perangkat input / input devices untuk mengkonversi data dan instruksi untuk diproses dikompuer.
e. perangkat output / output devices untuk menampilkan data dalam bnetuk yang bisa dipahami manusia.
f. perangkat komunikasi / communication devices untuk mengendalikan arus infoemasi dari dan ke jaringan komunikasi.
Komunikasi Dalam CPU
Bus merupakan jalur – jalur rangkaian elektronik untuk menghantarkan data dan sinyal antar beragam bagian pada sistem komputer.
Agar informasi bisa mengalir, dalam sistem komputer dan dalam bentuk yang sesuai untuk pemrosesan, maka semua simbol, gambar atau kata- kata harus direduksi kedalam bentuk digit biner. Bilangan digit biner disebut bit dan diwakili dengan 0 dan 1. Dalam dunia computer, munculnya sinyal – sinyal magnetic atau elektronik diartikan sebagai 1; sebaliknya, tidak adanya sinyal berarti 0.  Bit (binary digit) merupakan representasi unit terkecil dari dalam sistem komputer. Hanya memiliki dua status, diwakili oleh 0 dan 1. Byte merupakan sekumpulan dari 8 bit, digunakan untuk menyimpan satu angka atau karakter dalam sistem komputer.
CPU Dan Tempat Penyimpanan Primer
CPU adalah bagian dari sistem komputer yang bertugas mengolah atau memanipulasi simbol, angka atau huruf dan mengendalikan bagian-bagian sistem komputer lainnya. Tempat penyimpanan primer atau main memory merupakan bagian dari computer yang secara sementara menyimpan instruki program dan dan data yang sedang digunakan oleh instruksi.
Bus merupakan jalur transmisi data dan sinyal antara CPU dan penyimpanan primer, dan perangkat lain dalam sistem komputer.
CPU terdiri dari sebuah arithmatic logic unit (ALU) dan control unit(CU).
ALU merupakan komponen CPU yang menjalankan operasi logika dan perhitungan matematis.
CU merupakan komponen pada CPU yang berfungsi mengendalikan dan mengkoordinasi bagian-bagian lain dari sistem komputer. Rangkaian operasi yang dibutuhkan untuk memproses satu instruksi disebut siklus mesin.
Fungsi penyimpanan primer ada 3 :
a. Menyimpan semua atau sebagian program perangkat lunak yang sedang dieksekusi.
b. Menyimpan program sistem operasi yang yang mengelola operasi komputer.
c. Menyimpan data yang digunakan oleh program.
Tempat penyimpanan primer internal sering disebut dengan RAM (random access memory). RAM mampu mengakses lokasi manapun secara acak dalam jumlah waktu yang sama.
Penyimpanan primer tersusun atas semikonduktor yang berupa rangkaian terpadu yang terbuat dari cetakan beribu-ribu bahakan berjuta-juta transistor mini pada chip silikon kecil.RAM bersifat tidak stabil, isi Ram akan terhapus jika arus listrik kompueter terptus.
1.     Pemrosesan Komputer
Mikroprosesor Dan Daya Kekuatan Pemrosesan
Mikroprosesor merupakan teknologi rangkaian terpadu bersakala besar yang mengintegrasikan memori komputer, logika dan kendali dalam satu chip. Kecepatan dan kinerje microprosesor menentukan daya kekuatan pemrosesan computer dan didasarkan pada jumlah bit yang bisa diproses dalam satu satuan waktu, jumlah data yang bisa dipindahkan atara CPU, penyimpanan primer danperangkat lainnya (lebar bus data), dan siklus kecepatan, diukur dalam satuan megahertz.
Pemrosesan Paralel
Pemrosesan juga dapat dipercepat dengan menghubungkan beberapa prosesor agar bekerja secara simultan untuk satu tugas. Dalam pemrosesan parallel, beberapa CPU memecah tugas menjadi beberapa bagian kecil dan mengerjakannya secara simultan/bersamaan.
Computer parallel berskala besar memiliki jaringan chip prosesor yang besar yang terjalin secara kompleks dan fleksibel untuk menyelesaikan masalah komputasi yang besar.
2.  Teknologi Tempat Penyimpanan, Input Dan Output
Teknologi Tempat Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan sekunder digunakan untuk penyimpanan data relative dalam jangka waktu lama diluar CPU. Tidak seperti penyimpanan primer, isi pada penyimpana sekunder tidak mudah hilang. Contoh teknologi penyimpanan sekunder yang penting yaitu : cakram magnetik, cakram optik, dan pita magnetic.
Perangkat Input Dan Output
Perangkat input mengumpulkan data dan mengkonversinya kedalam bentuk elektronik untuk digunakan oleh computer, sedangkan perangkat output berfungsi menampilkan data setelah diproses. Contoh perangkat input : keyboard, mouse, layar sentuh, sensor, printer, input audio, dll. Contoh perangkat output : printer, output audio, tabung gambar sinar katoda (CRT).


B. Kategori Komputer Dan Sistem Komputer
1. Klasifikasi Komputer
Kkomputer dapat diklasifikasikan menjadi 4 yakni :
a.       Mainframe
Mainframe adalah komputer berkategori terbesar, dengan kemampuan pengolahan yang sangat cepat dan memiliki kapasitas memori besar. Ia digunakan untuk proses bisnis berskala besar, aplikasi ilmiah atau militer yang memerlukan bantuan computer untuk menangani sejumlah besar data tau proses yang rumit
b.      Komputer Menengah (Middlerange)
middlerange adalah komputer berukuran sedang yang mampu mendukung komputasi pada organisasi skala kecil atau untuk mengelola jaringan dari komputer lain. Computer menengah bisa berupa mini computer atau server.
c.       Personal Computer
PC (Personal Computer) adalah komputer kecil (micro computer) yang merupakan computer desktop yang mudah dipindah, dibawa atau ditempatkan. PC digunakan baik untuk keperluan pribadi atau bisnis.
d.      Workstation
workstation juga merupakan komputer dekstop yang memiliki kemampuan pengolahan grafis dan matematis yang besar dan sanggup menjalankan beberapa tugas rumit secara bersamaan.
e.       Superkomputer
Superkomputer adalah komnputer yang sangat berdaya guna yang bisa mengerjakan komputasi kompleks dengan sangat cepat

2.   Jaringan Komputer Dan Komputer Klien / Server
Dewasa ini, komputer tunggal atau pemrosesan terpusat telah digantikan dengan komputer jaringan agar bisa menjalankan banyak tugas. Yakni dengan pemrosesan terdistribusi. Pemrosesan terdistribusi merupakan pendistribuasian kerja proses komputer diantara beberapa komputer yang saling terhubung oleh jaringan komunikasi. Pemrosesan terpusat merupakan pemrosesan yang dijalankan oleh satu komputer besar.
Bentuk pemrosesan terdistribusi yang banyak digunakan adalah komputasi klien-server. Komputasi klien server merupakan model komputasi yang membagi proses antara ”klien” dan ”server”pada jaringan, masing-masing mesin menjalankan fungsi yang paling sesuai untuknya. Klien menjalankan fungsi poin-pemasukan dari pengguna, dan biasanya merupakan mikrokomputer, worksation atau laptop.
Server menyediakan jasa bagi klien. Server bisa merupakan mainframe atau komputer menengah, biasanya berfungsi khusus untuk menyimpan dan mengolah data serta fungsi back-end yang tidak bisa dilihat oleh user seperti mengelola aktivitas jaringan.
3. Komputer Jaringan Dan Komputer Peer To Peer
komputasi peer to peer merupakan bentuk lain dari pemrosesan terdistribusi yang menghubungkan beberapa komputer melalui internet atau jaringan pribadi sehingga bisa berbagi tugas pemrosesan.
Komputasi peer to peer memanfaatkan ruang penyimpanan data yang tidak terpakai atau kekuatan pemrosesan pada PC atau jaringan workstation untuk menjalankan tugas-tugas komputasi yang besar, yang sebelumnya tidak dapat dijalankan oleh komputer server besar yang mahal harganya atau bahkan superkomputer.
Satu bentuk komputasi peer to peer disebut grid komputing yang menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengklaim ulang siklus komputasi yang tidak terpakai pada komputer pengguna dan memanfaatkannya sebagai ”superkomputer semu”. Platform ini dapat membagi – bagi tugas ke dalam bagian-bagian kecil untuk dikerjakan oleh beberapa mesin secara terpisah.
C. Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software)
Perangkat keras membutuhkan perangkat lunak agar ia bisa berguna sebagai infrastruktur teknologi informasi. Software komputer didefinisikan sebagai instruksi terinci yang mengendalikan pengoperasian sistem komputer.
Program merupakan serangkaian pernyataan atau instruksi kepada komputer. Proses pengkodean atau pembuatan program aplikasi disebut pemrograman. Individu-individu khusus yang mengerjakan tugas pemrograman disebut programmer.



Terdapat 2 jenis utama perangkat lunak :
a. software sistem adalah sekumpulan program yang sudah dibakukan untuk mengelola sumber-sumber komputer seperti prosesor utama, hubungan komunikasi, dan perangkat-perangkat periperal.
b. software aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan aplikasi khusus agar bisa menjalankan fungsi yang diinginkan oleh pengguna akhir.
Perangkat Lunak (Software) Sistem Dan Sistem Operasi PC
software sistem mengkoordinasi beragam bagian sistem komputer dan menjadi perantara antara software aplikasi dan hardware.
Sistem operasi merupakan software sistem yang bertugas mengelola dan mengendalikan aktifitas komputer.
Kemampuan sistem operasi :
a.  menjalankan beberapa program secara bersamaan.
b.  Bertindak sebagai tempat penyimpanan virtual (virtual storage)
c.  Berbagi-bagi waktu (time-sharing)
d.  Mengerjakan beberapa proses secara bersamaan.
Sistem Operasi merupakan manajer kepala dari system computer. SO mengalokasikan dan menugaskan beragam sumber system, menjadwalakan penggunaan sumber-sumber computer dan tugas-tugas computer, memonitor aktifitas system computer.
Bahasa Pemrograman Dan Piranti Perangkat Lunak Kontemporer
Piranti perangkat lunak aplikas memiliki perhatian utama pada pelaksanaan tugas- utugas untuk pengguna akhir. Ada banyak bahasa pemrograman dan piranti perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi. Manajer harus memahami piranti perangkat lunak dan bahasa pemrograman mana yang sesuai untuk sasaran organisasinya.
Aplikasi Bahasa Pemrograman Untuk Bisnis
Generasi pertama dari bahasa pemrograman terdiri dari bahasa mesin yang mengharuskan para programmer untuk menulis semua instruksi program dengan menggunkan kode biner 0 dan 1, dan menentukan lokasi penyimpanan untuk tiap instruksi dan item data yang digunakan.
Pada pertengahan tahun 1950 sampai 1970 lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga memungkinkan program untuk ditulis dengan kata-kata dan pernyataan yang mudah dipahami manusia.
Aplikasi bahasa pemrograman seperti COBOL (Common Business Oriented Language), C, C++, Visual Basic, FORTRAN (FORmula TRANslator), BASIC (beginners all purpose symbolic instruction code), pascal, bahasa assembly.
Bahasa Pemrograman Generasi Keempat
Bahasa pemrograman generasi keempat terdiri dari beragam piranti perangkat lunak yang memungkinkan pengguna akhir untuk mengembangkan sendiri aplikasi perngakat lunak dengan bantuan teknis minimal atau bahkan tanpa bantuan.
Tujuh piranti bahasa pemrograman generasi keempat :
a.   piranti perangkat lunak PC
b.   bahasa query
c.    pembangkit laporan
d.   bahasa grafis
e.   pembangkit aplikasi
f.    paket aplikasi perangkat lunak
g.   bahasa pemrograman tingkat tinggi
Paket Perangkat Lunak Aplikasi Dan Perangkat Lunak Produktivitas
Paket perangkat lunak adalah kumpulan program-program komersil yang mengeliminasi kebutuhan individu atau organisasi akan penulisan kembali program perangkat lunaknya untuk tujuan tertentu.
Perangkat lunak produktifitas yang banyak digunakan para pengguna dari kalangan bisnis dan rumahan adalah perangkat lunak pengolah kata, spreadsheet, manajemen data, grafis presentasi, paket perangkat lunak terintegrasi, e-mail, browser Web, dan groupware.
•  Perangkat Lunak Pengolah Kata
Perangkat lunak pengolah kata dapat menyimpan data-data teks secara elektronik pada file di komputer. Dengan menggunakan perangkat ini pengguna bisa membuat perubahan – perubahan pada dokumen secara elektronik dengan mudah.
•  Spreadsheet
Perangkat lunak spreadsheet eklektronik adalah perangkat versi terkomputerisasi dari piranti pemodelan keuangan tradisional yang menggunkan pensil, kalkulator, dan bloknote bergaris untuk akuntansi. Kekuatan dari spreadsheet elektronik tampak sewaktu orang melakuka perubahan nilai atau nilai – nilai karena semua nilai yang terkait dengan perubahan itu pada spreadsheet akan secara otomatis terkomputasi.
•  Perangkat Lunak Manajemen Data
Perangkat lunak manajemen data lebih cocok untuk mengerjakan tugas – tugas dan untuk mengkombinasikan informasi dari beragam file yang berbeda. Perangkat lunak pengelolaan data biasany amemiliki fasilitas untuk menciptakan file dan database dan untuk menyimpan, memodifikasi serta memanipulasi untuk data pelaporan.
•  Grafis Presentasi
Perangkat lunak untuk membuat presentasi grafis berkualitas yang bisa diperkaya dengan grafik, suara, animasi, foto, dan klip video. Perangkat ini bisa mengkonversi numeric kedalam grafik dan model – model grafis yang lain da bisa memasukkan suara, animasi, foto dan klip video.
•  Paket Perangkat Lunak Terintegrasi
Paket perangkat lunak yang memberikan dua atau lebih aplikasi, seperti pengolah kata dan spreadsheet; sehingga mempermudah transfer data antarprogram.
  Perangkat Lunak E-Mail
Electronic mail (E-mail) digunakan untuk pertukaran surat atau pesan elektronik dari komputer ke computer dan merupak peranti yang penting untuk komunikasi dan kerja kolaborasi.


•  Browser Web
Browser web adalah Perangkat lunak yang mudah digunakan untuk mengakses web dan internet.
•  Gropuware
Perangkat lunak yang memberikan fungsi dan layanan yang mendukung aktifitas kolaboratif dari groupware.
Perangkat Lunak Untuk Integrasi Perusahaan
Aplikasi yang terintegrasi dengan buruk akan mengakibatkan kerugian dan pemborosan waktu dan biaya sehingga menyebabkan ketidak mampuan bersaing. Solusi alternatifnya adalah dengan perangkat lunak yang memungkinkan integrasi perusahaan.
Salah satu alternatif ( seperti yang sudah dibahas pada bab – bab seblumnya)n adalah mengganti sistem terisolasi dengan sistem sistem enterprise.
Sebagian besar perusahaan tidak bisa membuang begitu saja semua sistem mereka yang sudah ada lalu menciptakan lagi satu integrasi keseluruhan perusahaan yang dimulai dari nol, karena mungkin saja mainframe nya merupakan operasi rutinitas initi yang sangat penting. Satu cara untuk mengintegrasikan aplikasi lama dengan sisitem baru adalah dengan menggunkan perangkat lunak khusus yang disebut middlewaresebagai antarmuka dua sistem yang berbeda.
Middleware merupakan perangkat kunak yang menghubungkan dua aplikasi terpisah sehingga dapat berkomunikasi saru sama lain dan bertukar data.
D. Mengelola Aset Hardware Dan Software
Prasyarat Teknologi Perangkat Keras Untuk Untuk E-Commerce Dan Perusahaan Digital
E-Commerce atau E-Business menuntut prasyarat teknologi perangkat keras yang berat karena organisasi akan mengganti proses manual dengan proses elektronik. Akan dibutuhkan banyak sumber penyimpanan baik untuk menjalankan proses maupun untuk menyimoan data dalam skala besar antara beragam bagian dalam perusahaan dan anatar perusahaan dengan pelanggan dan pemasoknya. Oleh karena itu, manajer harus cermat dalam perencanaan kapasitas dan skalabilitas.
Perencanaan kapasitas merupakan proses prediksi kapan sebuah sistem komputer mengalami kejenuhan sebagai usahauntuk memastikan kemampuan sumber-sumber komputasi tersedia untuk mengerjakan beragam prioritas berbeda dan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki kekuatan komputasi yang memadai untuk kebutuhan-kebutuhan masa kini dan masa depan.
Skalabilitas merupakan kemampuan dari komputer atau sistem dalam melayani sejumlah besar pengguna tanpa ada kemacetan.
Total Biaya Kepemilikan Dan Aset-Aset Teknologi
total biaya kepemilikan (total cost ownership) TCO merupakan penentuan total biaya kepemilikan sumber-sumber teknologi, termasuk biaya- biaya pembelian awal, biaya pembaruan perangkat keras dan lunak yang meliputi pemeliharaan, dukungan teknis dan pelatihan.
TCO bisa digunakan untuk menganalisis biaya-biaya langsung dan tidak langsung, sehingga membantu perusahaan dalam menentukan biaya nyata implementasi teknologinya.
Keputusan Menyewa Atau Memangun Sendiri :Memanfaatkan Penyedia Jasa Teknologi
”bagaimana kami mendapatkan aset-aset teknologi? Haruskah kami membangun sendiri atau menyewa dari sumber-sumber luar?”
Diwaktu lampau sebagian besar perusahaan membangun dan menjalankan sendiri fasilitas komputernya dan membangunsendiri perangkat lunaknya. Saat ini semakin banyak perusahaan memperoleh teknologi perangkat keras dan lunak dari penyedia jasa eksternal. Penyedia jasa penyimpanan data aplikasi perangkat lunak online menjadi pilihan menarik bagi banyak perusahaan.
Penyedia Jasa Tempat Penyimpanan Online
Penyedia jasa tempat penyimpanan / storage service provider (SSP) adalah penyedia jasa pihak ketiga yang menyewakan ruang penyimpanan kepada pelanggannya melalui Web, sehingga pelanggan bisa menyimpan dan mengakses datanya tanpa perlu membeli dan mengelola sendiri teknologi penyimpanannya.
Penyedia Jasa Aplikasi / Application Service Provider (ASP)
ASP adalah perusahaan yang menyediakan perangkat lunak untuk disewa oleh perusahaan lain melalui Web atau jaringan pribadi.
Banyak perusahaan beralih ke model ASP ini sebagai alternatif lain dari pengembangan sendiri perangkat lunaknya. Sebagian perusahaan merasa lebih mudah untuk ’menyewa” perangkat lunak dari perusahaan lain sehingga mencegah kerumitan dan pengeluaran biaya besar untuk memasang, mengoperasikan, dab memelihara sistem yang kompleks dan besar seperti sistem enterprise (ERP).
Penyedia Jasa Manajemen (Management Service Provider ) MSP
MSP merupakan perusahaan yang mengelola kombinasi aplikasi, jaringan, system, penyimpanan, dan keamanan serta monitoring kinerja system dan website kepada pelanggannya melalui internet.
Penyedia Jasa Kesinambungan Bisnis
Merupakan perusahaan yang menawarkan pemulihan dari kerusakan system dan jasa pengelolaan website secara terus menerus sehingga membatu perusahaan untuk tetap menjalankan operasi inti sewaktu system mereka macet.
Komputasi Utilitas
Sebagian besar penyedia jasa meyewakan jasa teknologi informasi dengan model kontrak tetap, iBM menawarkan model komputasi utilitas yang memungkinkan perusahaan membayar harga untuk produk dan jasa yang mereka gunakan sepeti membayar tarif listrik atau mebayar apa sumber-sumber yang nyata-nyata digunakan dalam periode tertentu.

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{http://www.atchokers.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Adrianto | o-om.com