Monday, 29 October 2012

Sistem Informasi Manajemen Soal Bab II

. Monday, 29 October 2012 .



BAB II Sistem Informasi pada Perusahaan
Pertanyaan Pemahaman 
  1. Uraikan keempat level hierarkis organisasi. Apa saja sistem informasi yang melayani tiap level tersebut?
    Jawab:
    ·      Sistem level operasional adalah sistem informasi yang memonitor aktivitas dan transaksi dasar pada organisasi.
    ·      Sistem level pengetahuan adalah sistem informasi yang mendukung pengetahuan dan kerja data pada organisasi.
    ·      Sistem level manajemen adalah sistem informasi yang mendukung pemonitoran, pengendalian pengambilan keputusan dan aktifitas administratif dari manajer madya.
    ·      Sistem level strategi adalah sistem informasi yang mendukung manajemen senior dalam menyusun perencanaan aktivitas jangka panjang.
    2.    Sebutkan dan jelaskan secara singkat tipe utama dari sistem di dalam organisasi?
    Jawab:
    ·      Sistem pemrosesan transaksi (SPT) adalah sistem terkomputerisasi yang menjalankan dan merekam transaksi bisnis rutin harian melayani level operasional dari organisasi.
    ·      Sistem kerja pengetahuan  adalah  sistem informasi yang membantu pekerja pengetahuan dalam menciptakan dan mengintegrasiakan pengetahuan baru dalam organisasi
    ·      Sistem kantor adalah sistem komputer, misalnya pengolah kata, pengolah email, penjadwalan yang didesain untuk menambah produktivitas pekerja data dalam kantor.
    ·      Sistem pendukung keputusan adalah suatu sistem yang melayani level manajemen daro orgaisasi. Sistem Pendukung Keputusan membantu manajer dalam membuat keputusan khusus, cepat dan tidak mudah terspesifikasi.
    ·      Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi pada level manajerial organisasi yang melayani fungsi perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan cara menyediakan rangkuman rutin dan laporan perkembangan.
    ·      Sistem pendukung  eksekutif (SPE) adalah sistem informasi pada level strategi yang dirancang untuk mengalamatkan pengambilan keputusan tak terstruktur melalui grafis dan komunikasi tingkat tinggi.
    3.    Apa saja yang termasuk 5 tipe SPT dalam organisasi bisnis? Apa saja fungsi yang dijalankannya? Berikan contoh?
    Jawab:
    ü Sistem penjualan dan pemasaran
    Fungsi penjualan dan pemasaran bertanggung jawab dalam menjual produk – produk atau layanan peusahaan. Pemasaran terutama berurusan dengan mengidentifikasi pelanggan dengan produk atau layanan perusahaan, mengetahui apa yang mereka butuhkan, merencanakan dan mengembangkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. penjual atau sales berurusan dengan menghubungi pelanggan, menjual produk atau jasa, menerima pesanan dan menindaklanjuti penjualan. Contonhya analisis pasar untuk mengidentifikasi pelanggan dan pasar menggunakan data demografis, pasar, perilaku pelanggan dan tren-tren pasar.
    ü Sistem produksi dan pabrikasi
    Fungsi pabrikasi dan produksi bertanggung jawab dalam memproduksi barang- barang dan jasa. Sistem pabrikasi dan produksi mengerjakan perencanaan dan pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi, pencapaian tujuan produksi, ketersediaan materi- materi produksi dan kesanggupan memproduksi material dan penjadwalan pemakaian peralatan, fasilitas, material, dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produk. Contohnya:  mengendalikan kerja mesin, merancang produk baru menggunakan komputer,menetapkan kapan dan bagaimana produk harus diproduksi.
    ü Sistem keuangan dan akuntansi
    Fungsi keuangan adalah bertanggung jawab memelihara dan mengelola aset – aset keuangan perusahaan, misalnya kas, saham, obligasi, dan investasi lain supaya dapat menentukan pengambilan moral maksimal dari aset- aset keuangan tersebut .
    Contonya: melacak uang yang dimiliki perusahaan, merancang portofolio investasi perusahaan, mempersiapkan anggaran jangka penndek, dan rencana laba jangka panjang.
    ü Sistem sumber daya manusia
    Fungsi sumber daya manusia adalah bertangguang jawab untuk menarik, mengembangkan, dan memelihara satuan kerja perusahaan. Sistem sumber daya manusia mendukung aktivitas karyawan misalnya mengidentifikasi potensi- potensi karyawan, memlihara catatan lengkap atas tiap karyawan, dan menciptakan program untuk mengembangkan talenta dan keterampilan karyawan. Contohnya: melacak pelatihan karyawan, keterampilan dan penghargaan, merancang jenjang karir karyawan, memonitor wilayah dan pendistribusian gaji, upah dan tunjangan karyawan.
    4.    Apa saja karakteristik dari SIM? Bagaimana SIM berbeda dengan SPT dan SPK?
    Jawab:
    Karakteristik SIM yaitu mempunyai tugas dalam merencanakan, mengendalikan dan membuat keputusan pada level manajemen. SIM merangkum dan menyusun laporan pada opersai dasar perusahaan. Data transaksi dasar dari SPT
    5.    Jelaskan relasi antara SPT, sistem kantor, SKP,SIM,SPK dan SPE?
    Jawab:
    SPT merupakan sumber data utama untuk sistem yang lain sedangkan SPE adalah penerima data dari tingkat sistem yang lain, sedangkan SPE adalah penerima data dari tingkat sistem yang lebih rendah. Tipe- tipe sistem yang lainnya dapat juga saling bertukar data. Data juga dapat dipertukarkan antar sistem yang melayani tiap area fungsional.
    6.    Mengapa organisasi perlu mengintegrasikan proses bisnisnya? Apa saja empat kunci aplikasi enterprise untuk penintegrasian proses organisasi secara keseluruhan?
    Jawab:
    Organisasi perlu mengintegrasikan proses bisnisnya agar dapat lebih produktif dan fleksibel dengan mengkordinasikan proses bisnis mereka secara lebih lekat dan mereka dapat lebih fokus pada manajemen sumber daya dan layanan pelanggan yang efisien.
    Empat kunci aplikasi enterprise untuk penintegrasian proses organisasi secara keseluruhan yaitu sistem enterpise, sistem manajemen rantai persediaan, sistem manajemen hubungan pelanggan dan sistem manajemen pengetahuan.
    7.    Apa yang dimaksudkan dengan manajemen rantai persediaan? Meliputi apa saja aktivitasnya? Mengapa sangat penting bagi bisnis? Bagaimana sistem informasi memfasilitasi manajemen rantai persediaan?
    Jawab:
    Manajemen rantai persediaan merupakan pertalian dan koordinasi terhadap berbagai aktivitas yang menyangkut pembelian pemebelian dan pergerakan suatu produk. Manajemen rantai persediaan mengintegrasikan pemasok, pabrik, distributor dan proses logistik pelanggan untuk mengurangi waktu, usaha berlebihan dan menginventarisasi biaya-biaya. Dengan adanya sistem informasi dapat membuat manajemen rantai menjadi lebih efisien dengan cara membantu perusahaan mengkordinasi, menjadwalkan, dan mengendalikan pengadaan, produksi, manajemen inventori, dan pengiriman produk dan jasa.


     






    8.    Apa yang dimaksudkan dengan perdagangan kolaboratif? Bagaimana organisasi mengambil keuntungan darinya?
    Jawab:
    Perdagangan kolaboratif merupakan pemenfaatan teknologi digital untuk memungkinkan berbagai organisasi untuk secaca kolaboratif mendesain, berkembang, membangun beralih, dan menelola produk melalui siklus hidupnya. Dengan adanya perdagangan kolaboratif perusahaan dapat mengitegrasikan sistem mereka dengan para mitra Rantai persediaannya untuk mengkoordinasi prediksi permintaan, perencanaan sumber daya, perencanaan produksi, pengadaan kembali, pengiriman dan pergudangan. Mereka dapat bekerja bersama-sama dengan para pemasok untuk mengerjakan desain produk dan memasarkannya.
    9.    Bagaimana organisasi mengambil keuntungan dari jaringan privat industri?
     Jawab:
    Dengan adanya jaringan privat industri memeungkinkan perusahaan dan mitra bisnisnya berbagi dan pengembangan produk, pemasaran, inventori, penjadwalan produksi dan komunikasi tak terterstruktur.
    10.     Apa yang dimaksudkan dengan manajemen hubungan pelanggan? Mengapa manajemen hubungan pelanggan penting bagi bisnis? Bagaimana sistem informasi memfasilitasi manajemen hubungan pelanggan?
    Jawab:
    Manajemen hubungan pelanggan adalah disiplin teknologi dan bisnis yang memanfaatkan sistem informasi untuk menintegrasikan semua proses bisnis disekitar interaksi peusahaan dengan pelanggannya dalam penjualan, pemasaran, dan layanan. Sistem informasi dalam manajemen hubungan pelanggan menginterasikan proses-proses yang berhubungan dengan relasi si pedengan pelanggan dan menghubungkan informasi pelanggan dari beragam saluran toko retail, telepon, email, perangkat nirkabel atau web agar perusahaan bisa memberi respon yang koheren kepada pelanggan.

Artikel Terkait

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
{http://www.atchokers.blogspot.com} is proudly powered by Blogger.com | Template by Adrianto | o-om.com